Assalamualaikum..
Welcome in my blog , hope you can fun and enjoy :)


Sabtu, 05 Mei 2012

ANTARA SABAR DAN SAKIT

        Barang siapa yang menghendaki selamat dari siksa Allah, yang ingin memperoleh pahala dan Rahamat, serta ingin dimasukkan dalam surga Nya, maka seharusnya ia mencegah keinginan nafsu dari kesenangan duniawi, selalu sabar dalam penderitaan dan bencana. Allat Ta'ala berfirman: 

"Dan Allah mencintai orang-orang yang sabar".(QS. 3 Al Imran : 146 )

 

      Sabar ditinjau dari berbagai segi ; (1) sabar selalu taat kepada Allah (2) sabar mencegah larangan Allah (3) sabar pada pukulan pertama ketika ada bencana.

       Barangsiapa yang sabar melakukan ketaatan kepada Allah, artinya Allah memberikan 300 tingkat surga kelak pada hari akherat. Dan setiap tingkatnya seluas antara bumi dan langit.

       Barangsiapa yang sabar mencegah tidak melakukan larangan Allah, artinya Allah memberikan 600 tingkat surga kelak di hari akherat, dimana setiap tingkatnya seluas antara Arsy dan bumi.

Diriwayatkan, Nabi saw. bersabda dengan membawa firman Allah Ta'ala ;

           "Tidak ada seorang hamba yang terkena musibah dan masih berpegang teguh kepada-Ku, kecuali Aku akan memberikannya sebelum ia meminta. Dan tidak ada seorang hamba yang kena musibah. lalu ia bergantung selain dari-Ku. kecuali Aku selalu menutup pintu-pintu langit."

Maka jelas wajib bagi yang berakal senantiasa bersabar menghadapi bencana. seharusnya tidak mengadukan bencana kepada sesama manusia, agar ia selamat dari siksa dunia dan akherat. Dan bencana yang paling berat ialah bencana yang ditimpahkan kepada para Nabi dan Wali.

 

sabda Nabi saw ;

       " Barangsiapa yang sakit semalam serta sabar dan ridho kepada Allah Ta'ala, maka dosanya berisi laksana baru dilahirkan oleh ibunya."


          Ketika kalian sakit, janganlah mengharap sembuh. kata Dhuhak : "Barangsiapa yang tidak kena musibah atau kesusahan selama 40 hari, maka ia menurut Allah tidak memperoloeh kebajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar